Sejarah Sistem Operasi

Owow
0

   Dimulai tahun 1950 yauitu ketika sistem ini diterapkan pada generasi ke-2 komputer dan ditahun 1960 yang merupakan awal dari dimulai generasi ketiga komputer. Sistem ini ditambahkan dengan teknik lain yang disebut Spooling (Operasi Perifer Simultan Online). Pada generasi ke-4 tahun 1970, komputer membuka babak baru dengan era komputer pribadi atau PC pada era ini, sistem operasi, sirkuit, dan chip berhasil dimasukkan kedalam sistem komputer.


   Sejak pertamakali telah dikenal dua jenis komputer yaitu UNIX dan non UNIX untuk non UNIX diantaranya MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), MAC-OS UNIX digunakan pada komputer besar seperti super komputer, mainframe sedangkan non UNIX digunakan pada PC. UNIX dikembangkan di akhir tahun 60an oleh sebuah grup yang dibimbing Kenthompson dari AT&T Laboratorium. Microsoft DOS/MS-DOS dibuat pada tahun 1981 oleh Microsoft untuk pertamakalinya membuat sistem operasi untuk IBM PC. Kerjasama antara microsoft dan IBM membuat MS-DOS diterima sebagai sistem operasi standar. Kerjasama antara microsoft dan IBM berakhir ketika mereka memisahkan diri untuk membuat sistem operasi untuk PC.

Sejarah Sistem Operasi MS-DOS 

   MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer bernama SEATTLE Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh tim Patterson yang dikembangkan pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor intel 8086.

Sejarah Sistem Operasi Linux 

   Nama Linux berasal dari nama pembuatnya yaitu Linus Torvalds. Sistem operasi ini diperkenalkan pada tahun 1991, Linux adalah sistem operasi komputer bertipe UNIX.

Sejarah Sistem Operasi Windows 

   Windows adalah revolusi sistem operasi dari MS-DOS yang dikembangkan oleh microsoft sejak tahun 1983, windows adalah sebuah sistem operasi yang berbasis Grapic User Interface atau bisa disingkat dengan GUI

Sejarah Sistem Operasi MAC-OS 

   MAC-OS merupakan singkatan dari Macintosh Operating System, MAC adalah sebuah sistem operasi Apple buatan Stev Jobs yang pertamakali diperkenalkan pada tahun 1984.
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)