Perkembangan Teknologi Komputer

Owow
0

Perkembangan Teknologi Komputer
(Perakitan Komputer)

Sebelum tahun 1940, proses pengolahan data telah dilakukan oleh menusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat.


      Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar penghitungan metematika biasa.
contoh: Sistem komputer di kasir supermarket, Central telepon, jaringan komputer dan internet.

      Pengolahan data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan kedalam 4 golongan besar.
   1. Peralatan Manual
         Yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tangan manusia.
   2. Peralatan Mekanik
         Yaitu peralatan yang sudah terbentuk tetapi masih digerakkan dengan tangan manusia secara manual.
   3. Peralatan Mekanik Elektronik
         Yaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.
   4. Peralatan Elektronik
         Yaitu peralatan yang bekerja secara elektronik penuh.


   Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer:
1. Abacus

      Muncul sekitar 5 ribu tahun yang lalu di asia kecil dan masih digunakan dibeberapa tempat hingga saat ini, alat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.

2. Kalkulator Roda Numerik (Numerical Whell Callculator)
      Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi pada tahun 1642 Blaise Pascal (1623-1662) yang pada waktu itu berumur 18 tahun menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.

3. Kalkulator Roda Numerik 2
      Tahun 1694, seorang matematikawan Pilsup Jerman, Gottfred Wilhem Vonleibniz (1646-1716) memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan sama seperti pendahulunya, alat-alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.

4. Kalkulator Mekanik
      Charles Xavier Thomas De Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan 4 fungsi aritmatika dasar. Kalkulator mekanik Colmar, Aritometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)