Pengertian Sistem Operasi

Owow
0

Sistem Operasi
   Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumberdaya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system call) kepemakai sehingga memudahkan dan menyamankan pengguna serta pemanfaatan sumberdaya sistem komputer.


   Menurut Tanenbaum sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam 4 generasi:

1. Generasi Pertama (1945-1955)
      Generasi pertama merupakan awal perkembangan komputasi sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi.

2. Generasi Ke-2 (1955-1965)
      Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System yaitu job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa sistem operasi talah ada, contohnya fungsi sistem operasi FMS dan IBSYS.

3. Generasi Ke-3 (1965-1980)
      Pada generasi ini perkembangan sistem operasi mulai dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer. Maka sistem operasi menjadi multi user (digunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi programing (melayani banyak program sekaligus).

4. Generasi Ke-4 (Pasca 1980an)
      Dimasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai manyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini Graphical User Interface yaitu antar muka komputer yang berbasis grafis.
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)