Pengertian Multimedia

Owow
0

MULTIMEDIA menurut Etimologi Bahasa
 Sebagai jenis sarana usaha pembangunan untuk dunia komunikasi. Penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafik, animasi, dan teks (Kamus Besar Bahasa Indonesia 2005). Sedangkan arti kata multimedia dari kata yang sudah disatukan yaitu:


Multimedia Berasal dari 2 kata yaitu
Multi  yang mengandung arti Banyak, lebih dari satu atau berlipat ganda.
- Media mengandung banyak arti, namun ada 3 arti yang berdekatan dalam arti yang sama
   1. Alat
   2. Alat sarana komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, poster, sepanduk, dll
   3. Perantara atau penghubung

MULTIMEDIA  menurut Terminologi ITC
 Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang dikomunikasikan atau disampaikan baik melalui komputer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain.

 Kesimpulan multimedia menurut terminologi tersebut dapat disimpulkan bahwa Multimedia adalah merupakan suatu hasil karya sekelompok orang terampil dari berbagai bidang yang perlu di poles sehingga menjadi suatu informasi yang menarik dan jelas akan tujuan yang dimasud namun tidak sedikit pula orang yang membutuhkan isi tetapi dengan penampilan yang menarik mereka menikmatinya.
Sehingga multimedia perlu ditata sedemikian rupa seperti:
- Teks dibuat yang menarik dengan mempertimbangkan selera pasar ataupun siapa yang akan menikmatinya,
- Audio atau suara disesuaikan dengan topik yang akan disuguhkan,
- Kemudian gambar yang bagus dari mulai pencahayaan, sudut pengambilan yang bagus, teknik pengambilan video yang tepat akan menghasilkan hasil yang bagus bagi pengguna multimedia.

 Karya Multimedia juga sangat berhubungan dengan perangkat keras yang perlu diimbangi dengan kecepatan mengakses data, karena semakin maju maka isi dari multimedia akan semakin besar datanya.

 Oleh karena itu perangkat keras yang digunakan harus sesuai dengan Multimedia yang akan dikerjakan mulai dari moherboard, processor, RAM, harddisk, terutama juga perangkat media distribusi yaitu CD-ROM, dan DVD.
Media distribusi adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan hasil karya multimedia kedalam media penyimpanan CD/DVD.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)