Pengertian Animasi

Owow
0


   Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu anima yang berarti jiwa, hidup dan semangat. Sedangkan karakternya adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi. Sehingga karakter animasi dapat diartikan sebagai gambar yangmemuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar yang berubah beraturandan berganti tampilannya.

   Pengertian animasi menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya yang bernama Macromedia Flash Animation, dan Cartooning animasi didefinisikan sebagai berikut:
  Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan. Berdasarkan arti harfiah animasi adalah menghidupkan yaitu usaha untuk mengerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.

Secara Garis Besar Animasi Komputer dibagi Menjadi 2 Kategori yaitu:
1. Computer Asisten Animation
      Animasi pada kategori ini biasanya menunjukkan pada sistem animasi 2 dimensi yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Komputer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.

2. Computer Genrate Animation
      Pada kategori ini bisanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3 dimensi seperti 3D Studio MAX, MAYA, Auto Cat, dan aplikasi 3 dimensi lainnya. Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara komvensional. Dengan diintegrasikan kemedia lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendiri.
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)